Waktu untuk Sendirian Itu Perlu Agar Kamu Tidak Merasa Sepi

Waktu untuk Sendirian Itu Perlu Agar Kamu Tidak Merasa Sepi

Permasalahan hidup datang silih berganti setiap hari. Rutinitas yang sama kamu jalani tak pernah henti. Belum lagi lingkungan dan orang-orang selalu menuntutmu yang terbaik darimu. Jengah dan lelah terhadap semua kompleksitas hidup yang kamu alami. Kamu tidak bebas berekpresi mengungkapkan keinginan yang ada di dalam hati. Ingin rasanya menghabiskan waktu untuk diri sendiri, agar bisa lebih merasakan hidup yang berkualitas.

Menghabiskan waktu untuk diri sendiri dan terlepas dari semua tanggung jawab yang selama ini kamu pikul itu perlu dilakukan sesekali. Agar kamu bisa berpikir lebih tenang dan jiwamu tetap bisa merasakan kedamaian.

MENYENDIRI SEMENTARA MEMBERIKAN KAMU RUANG UNTUK BERNAPAS LEBIH LAPANG

Ada kalanya kita butuh waktu menyendiri untuk beristirahat dan melepas penat akibat rutinitas sehari-hari. Tidak selamanya waktu yang kamu miliki harus dihabiskan bersama orang lain, kamu pun perlu waktu untuk memanjakan diri. Sendirian dapat memberimu ruang bernapas yang lebih lapang

MESKI SESAAT, KETENANGAN DIBUTUHKAN AGAR KAMU MENYADARI ARTI KENYAMANAN

Untuk menemukan kenyamanan hidup, kamu perlu waktu untuk bisa menikmati quality time seorang diri. Ketenangan dan kesenyapan yang kamu rasakan saat sendirian mampu memberi kenyamanan pada jiwa dan raga. Ketika sendirian, kamu bisa merenungkan segala sesuatu yang terjadi selama hidupmu. ketika sendirian, kamu bisa menemukan kenyamanan meski dari hal yang kecil sekalipun. Seperti melihat matahari terbenam di sore hari, menikmati udara segar di pagi hari yang sudah lama tidak kamu rasakan, dan sebagainya. Menyendiri untuk sementara waktu baik untuk kesehatan mental dan tubuhmu.

SETELAH MERASA TENANG, PERASAAN UNTUK KEMBALI MENJALIN HUBUNGAN DENGAN SESAMA AKAN MUNCUL KEMBALI

Terkadang ingin rasanya pergi menghilang dari kehidupan orang-orang di sekitarmu. Kamu merasa tidak nyaman dan ruang gerakmu terbatas ketika banyak orang di sekelilingmu. Perasaanmu tidak nyaman dan emosimu tidak stabil karena kamu merasa butuh kesendirian tetapi kesempatan tu tidak pernah datang.

Jika kamu merasakan hal yang demikian, itu artinya kamu butuh ruang untuk benar-benar sendiri. Ketika sendirian, kamu akan lebih mudah menstabilkan emosi dan berpikir lebih jernih. Ketika dirasa sudah cukup untuk menenangkan diri, pada akhirnya perasaan dan keinginan untuk menjalani kembali hubungan yang tadinya kamu hindari jadi muncul kembali. Kamu bisa melanjutkan hidup yang lebih optimis dari sebelumnya.

KAMU SELALU MERASA SEPI? ITU TANDA KAMU BUTUH WAKTU UNTUK SENDIRI

Meski ada di tempat yang ramai, hatimu selalu terasa hampa. Meski banyak teman yang menemani, kamu merasa sepi. Kamu merasa ada yang salah pada dirimu, tapi tidak tahu apa alasannya. Coba deh untuk lakukan me time dan tidak berkumpul dulu sementara waktu dengan teman-temanmu, sahabat, orangtua, atau kekasihmu. Ketika sendirian, kamu bisa memikirkan apa yang salah dengan dirimu dan apa yang sebenarnya kamu inginkan. Mungkin kamu akan merasa lebih lega dan bahagia ketika meluangkan waktu untuk sendiri, tanpa teman atau kekasih. Tanpa gangguan, tanpa adanya permasalahan.

MENYENDIRI BUKAN BERARTI MENGASINGKAN DIRI, KAMU HANYA BUTUH JEDA UNTUK BISA MENEMUKAN INSPIRASI

Melalui kesendirian, kamu akan lebih mudah berpikir. Kamu bisa mendengarkan isi hati dengan lebih jelas tanpa adanya gangguan dari orang lain, tanpa khawatir orang lain akan memengaruhi pikiran. Dalam keadaan yang sedang sendiri, akan lebih mudah untuk mendapatkan inspirasi. Inspirasi untuk berkarya dan inspirasi untuk melakukan sesuatu yang selanjutnya. Ide akan lebih mudah muncul ketika pikiranmu jernih dan bebas dari gangguan. Menikmati waktu-waktu sendiri biasnaya banyak dilakukan oleh orang-orangyang bergerak di bidang kreatif. Orang-orang yang kreatif butuh waktu cepat untuk berpikir dan menghasilkan ide. Untuk itu, tidak selamanya sendirian itu buruk

JADIKAN KESEMPATAN MENYENDIRI UNTUK REFLEKSI DIRI

Kesendirian bisa kamu manfaatkan untuk berefleksi, memberi penilaian terhadap diri sendiri, serta memberikan kesempatan padamu untuk mengintrospeksi diri jadi lebih baik lagi. Ketika sendirian, biasanya akan lebih mudah untuk mengakui kesalahan yang ada pada diri sendiri. Ketika telah menyadari apa yang kurang, sisanya adalah bagaimana tindakan kita untuk memperbaiki kesalahan yang ada di dalam diri sendiri.

MENYENDIRI PERLU DILAKUKAN AGAR TIDAK KEHILANGAN JATI DIRI

Seperti yang sudah disebutkan di poin sebelumnya. Sendiri bisa menjadi waktu yang tepat untuk menyadari kekurangan yang ada pada diri sendiri. Menyendiri perlu dilakukan sesekali agar kamu tidak kehilangan jati diri.
ruangperempuan.com