Terbongkar! Ini Alasannya Kenapa Kamu Pada Akhirnya Tidak Pernah Bisa Menabung

Ini Alasannya Kenapa Kamu Pada Akhirnya Tidak Pernah Bisa Menabung

Sudah waktunya galak sama dirimu sendiri, Terbongkar! Ini Alasannya Kenapa Kamu Pada Akhirnya Tidak Pernah Bisa Menabung.

Finansial pribadi memang jadi subyek yang seringkali terlontar khususnya buat kamu yang sudah beranjak dewasa, baik di bangku sekolah, kuliah ataupun kerja. Apakah kamu benar-benar buta dalam mengelola keuanganmu sendiri?

Well, sebenarnya nggak kok. IDNtimes mau membantu kamu memulai mengatur keuangan dengan cara menjadi "galak" terhadap dirimu sendiri.

1. Nggak minjami teman uang.


Well, coba deh cari alasan supaya temanmu nggak jadi pinjem uang sama kamu. Khususnya kalo pinjem untuk hal-hal kecil, seperti beli rokok...

2. Kalopun minjami, paksa teman segera bayar utang.


Kalau kamu sangat dekat dengan sahabatmu itu dan mereka emang lagi dalam keadaan darurat, usahakan untuk menagih sesegera mungkin. Jangan lupa dicatat di HP atau bukumu untuk mengingatkan dirinya.

3. Jangan mengutangi teman lebih dari jumlah tertentu (misal 300.000 rupiah).


Kalau kamu tipe orang yang emang merasa meminjamkan uang untuk temanmu itu tidak apa-apa, kamu harus membuat suatu batasan. Misalnya maksimal meminjamkan teman 300.000 rupiah saja. Kalau dia meminjam hingga lebih dari 300.000 rupiah, langsung katakan bahwa keuanganmu juga masih 'seret'.

4. JANGAN PERNAH MENGUTANG JUGA.


Yap. Pastinya dong. Usahakan jangan mengutang kapanpun dan di manapun. Kamu harus bisa tegas dengan kebiasaan ini.


5. Nabung setiap bulan jumlah tertentu.


Apabila dalam satu bulan kamu mendapat uang saku atau gaji dalam jumlah tertentu, langsung tentukan bahwa kamu akan menabung sejumlah uang setelah menerimanya. Misalnya, 40 persen dari uang saku atau gaji bakal kamu tabung di tabungan yang

6. Siapkan dana darurat.


Selain mengalokasikan uangmu untuk ditabung, jangan lupa juga menyisihkan sejumlah uang sebagai dana darurat. Penting nih! Kalau ternyata pada akhir bulan nggak terpakai... Bisa ditabung!

7. Cari kerjaan sampingan.


Satu hal yang bisa kamu lakukan supaya bisa mendapatkan penghasilan tambahan yaitu mencari pekerjaan sampingan. Contohnya di sini nih... Gunakan waktu luangmu secara maksimal! Jangan ke kafe trus ya, guys...

8. Nggak usah pake kartu kredit.


Karna sekali lagi... Itu sama aja ngutang! Kartu kredit hanya digunakan dalam keadaan benar-benar darurat dan kamu yakin bisa menutupi biaya yang dikeluarkan itu.

Ingat ya... Jangan ngutang!
IDNtimes.com
Via : IDNtimes.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.