Lebih Sayang Mana, Ayah atau Ibu? Ini Jawaban Anak-anak

Lebih Sayang Mana, Ayah atau Ibu? Ini Jawaban Anak-anak

ADA ungkapan lama Indonesia yang menggambarkan betapa sulitnya memilih satu di antara dua orang paling tersayang, ayah atau ibu. "Seperti buah simalakama, dimakan mati ayah tak dimakan mati ibu".



Jika dihadapkan pada pertanyaan seperti ini, jawaban seperti apa yang akan diberikan? Kelompok yang gemar bergurau akan memberi jawaban konyol: "buah simalakama itu dijual saja. Aman, tidak dimakan, tidak pula tak dimakan."

Tapi bagaimana jika tak ada opsi seperti ini? Tidak boleh dijual, harus dipilih salah satu. Ayah atau ibu?

Komedian James Christian Kimmel dalam programnya yang populer di jaringan televisi ABC, Amerika Serikat, Jimmy Kimmel Live!, mengadakan semacam survei untuk mencari tahu jawaban atas pertanyaan yang sangat sulit ini.

Namun pertanyaan yang diajukan Jimmy tidak sama persis. Pemilihan atas ayah atau ibu, tidak dalam koridor 'mati', melainkan 'cinta': "who do you love more, mom or dad?"

Uniknya, Jimmy mengambil anak usia 5-10 tahun sebagai narasumbernya. Dan hasil dari survei ini, sebanyak 98 persen memberikan jawaban, ibu. Dari kelompok ini, 75 persen di antaranya, pada awalnya menjawab 'both' (kedua-duanya). Namun setelah didesak harus memilih satu, mereka memilih ibu.

Saat ditanya alasannya, dengan tutur katanya yang masih serba polos dan lugu, anak-anak itu mengatakan, "because she love's me."

Hanya dua persen yang memilih bapak. Lebih lucu lagi, ada sejumlah anak yang dengan cepat mengangguk tatkala penyurvei bertanya apakah mereka ingin ayah mereka diganti dengan Spiderman atau Superman.

Bagaimana jika survei sejenis ini dilakukan di Indonesia? Apakah hasilnya akan tetap sama?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.