TKW Ini Jago Gitar dan Nyanyi Dangdut Meski Ngomongnya Ngapak-ngapak


Kreativitas banyak muncul di kalangan tenaga kerja wanita (TKW) Indonesia di luar negeri.

Meski mereka disibukkan dengan pekerjaan rumah tangga seperti mengepel, memeasak, dan lainnya, mereka masih bisa menunjukkan bakatnya. Seperti yang dilakukan Marya Isma, TKW asal Cilacap yang bekerja di Taiwan.

Melalui akun facebooknya, Marya Isma, pada 28 Juli lalu, ia menceritakan kegemarannya menyanyi yang dilakukan saat waktu luang setelah bekerja.

Menggunakan logat dan bahasa asal Banyumas atau Cilacap yang terkenal dengan sebutan bahasa ngapak, ia menceritakan bagaimana ia bekerja di Taiwan kepada seorang kebangsaan Cina. Ia tak ada bedanya dengan pekerja lain, bekerja di dapur dan membereskan rumah. Tapi di saat santai ia pun menikmatinya.

Seperti halnya ketika ia bernyanyi dengan neneknya yang kini berusia 87 tahun. Video yang diunggal 28 Juli lalu itu menunjukkan ia piawai memainkan gitar dan menyanyikan lagu dangdut. Ia mengajak teman-teman facebooknya menyanyikan lagu milik Rhoma Irama dengan judul "Menunggu."

Nah, buat kamu yang ingin menikmati omongan dalam bahasa jawa Ngapak-nya, ini transkripnya.

"Ketemu maning karo Isma Bocah cilacap, ora ngapak ora kepenak. Siki aku arep nyanyi karo ninine.

Kie ninie inyong, ninine inyong umure 87 tahun. Ndina-ndina ya kaya kiye, deklak tekluk, de setelna tv ya percuma, tv-ne nonton ninine.

Ana sing takon, neng Taiwan Isma keja apa, deneng sante temen? Jere aplod video karo nyanyi. Ya pegawaiane inyong pada baen karo liyane. Dadi babu, babune wing Cina. Wayahe kerja ya kerja, wayahe masak ya masak, wayahe santai ya sante.

Masak kerja terus, masa ublek-ublek neng pedangan terus. Wayahe santai ya kaya kiye, karo ninine njagong-njagong. Alhamdulillah kepenak.

Siki aku arep nyanyi lagu dangdut, tapi sebenere aku ora bisa lagu dandut, ora bisa cengkok. Aja diwadani ya, tapi arep diwadani ora papa sih, sekarepe panjenengan.

Setelah itu, Isma pun memetik gitarnya, jreeeeng, dan mengalunlah sura merdunya/
"sekian lama, aku menunggu untuk kedatanganmu. Bukankah engkalu telah berjanji, untuk jumpa di sini. Datanglah....
Meski baru diunggah dua hari lalu, yang membagikan link dan melihatnya nya sudah lebih dari 94,746 orang.
( tribun jabar )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.