Studi: Buang Air Jongkok Lebih Sehat Dibanding Duduk

Studi: Buang Air Jongkok Lebih Sehat Dibanding Duduk - Posisi apa yang Anda gunakan saat sedang buang air besar? duduk atau jongkok? kebanyakan masyarakat moderen cenderung menggunakan toilet duduk dibanding toilet jongkok karena dianggap lebih elegan.

Tapi tahukah Anda jika ternyata posisi duduk saat buang air besar dapat menimbulkan berbagai penyakit sedangkan posisi jongkok saat buang air besar mampu meminimalisir penyakit pencernaan?

Hal ini diungkapkan oleh Ilmuwan mikrobiologi Jerman Giulia Enders. Enders menyatakan, buang air besar dengan posisi duduk ternyata memiliki dampak buruk bagi kesehatan.

Enders melakukan penelitian pada orang Eropa yang pada umumnya menggunakan toilet duduk ternyata mengalami gangguan pencernaan akibat posisi yang salah saat buang hajat.


Seperti yang dilansir Daily Mial, Enders menganjurkan agar semua orang menggunakan toilet jongkok saat buang hajat seperti yang banyak dilakukan masyarakat Asia sebelumnya.

"Saat Anda buang hajat dengan cara jongkok, maka saluran di rektum berada dalam posisi garis lurus. Jika anda duduk, maka ada otot yang tertarik, ungkap sang ilmuan.

Enders menambahkan, buang hajat dalam posisi jongkok mengurangi tekanan di otot saluran usus, kaki, dan bokong.

"Karena sellau menggunakan toilet duduk, masalah wasir banyak diderita masyarakat di negara Eropa dan Amerika ketimbang warga Asia." tambahnya.

Orang Eropa sebelumnya menggunakan toilet jongkok, hingga abad ke-19 muncul toilet duduk yang hingga kini digunakan karena dianggap lebih beradab dibanding toilet jongkok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.