Drone Facebook Dengan Tenaga Matahari

Facebook berencana menguji sebuah model pesawat tanpa awak bertenaga surya pada pertengahan tahun ini, kata seorang petingginya, Kamis. Ini adalah salah satu langkah Facebook dalam membuka akses Internet bagi miliaran warga dunia yang kini belum terkoneksi.

Awal bulan ini, Facebook menguji pesawat tanpa awak alias drone berukuran lebih kecil, sekitar sepersepuluh dari ukuran drone bertenaga suryanya. Drone tenaga surya tersebut memiliki sayap selebar pesawat Boeing 737 namun bobotnya hanya seperti sebuah mobil kecil.

Drone tenaga surya bernama Aquila itu adalah bagian dari inisiatif Internet.org yang diluncurkan Facebook guna memperluas akses Web. Tujuannya adalah menjangkau sekitar 1,1 sampai 2,8 miliar warga dunia yang belum terkoneksi saat ini.

Facebook dan pesaingnya, Google, bereksperimen dengan beberapa teknologi untuk menjangkau mereka yang belum terjamah kabel telekomunikasi atau jaringan seluler. Selain memakai drone, Facebook juga melirik satelit dan teknologi lain. Google punya program drone sendiri dan tengah berupaya mengirim Internet lewat balon udara yang terbang tinggi. Raksasa mesin pencari itu juga meluncurkan program penyampaian akses Internet dari satelit yang mengorbit.(WSJ)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.