Dorong Kalangan UKM Jualan Lewat Online

Ini peluang bagi para pengusaha level UKM untuk memasarkan produknya melalui sebuah situs yang dirancang sebagai sarana berjualan dan menemukan pembeli produk-produk mereka.

Achmad Zaky, Founder sekaligus CEO Bukalapak.com, menjelaskankan, situs jual beli online ini mengusung misi meningkatkan kualitas UKM di Indonesia.

"Karena saat ini kebanyakan struktur dan manajemen UKM masih kurang profesional, strategi penjualan yang kurang terarah, kebanyakan perang harga sehingga margin harga yang didapatkan sangat tipis. Bukalapak memberikan solusi agar UKM tersebut bisa naik kelas melalui transaksi jual beli online sehingga mendapatkan transaksi yang bernilai besar," kata Zaky dalam keterangan tertulisnya, Rabu (25/2).

Dijelaskan, Bukalapak saat ini sedang mengembangkan sistem agar calon pembeli semakin mudah menemukan dan membeli produk-produk unggulan milik para UKM. Sehingga omzet penjualan UKM di Bukalapak akan semakin besar.

Bukalapak berawal dari sebuah proyek yang dikerjakan oleh Zaky dan teman-teman kuliahnya, sehingga mereka terbiasa membuat bermacam-macam aplikasi sesuai pesanan klien.

Dijelaskan, Bukalapak dimulai pada saat yang tepat. Pasar e-commerce di tahun 2010 masih terbuka luas, masih sangat sedikit pelaku bisnis yang bermain, sehingga perkembangannya cukup pesat.

Bukalapak awalnya dikunjungi oleh 10.000 pengunjung per hari, setahun berikutnya menjadi 50.000 pengunjung per hari. Setahunnya lagi mendapatkan 200.000 pengunjung per hari. "Hingga saat ini dikunjungi oleh 500.000 pengunjung per hari," bebernya.

Nugroho Herucahyono, Founder dan Chief Technology Officer Bukalapak.com mendukung langkah Zaky untuk mendirikan Bukalapak sebagai wadah pemberdayaan UKM, karena Bukalapak mempunyai visi yang mulia tersebut. (rl/jpnn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.