Malware 'Penyandera' Komputer Beredar di Indonesia

Malware 'Penyandera' Komputer Beredar di Indonesia - Jangan kaget jika tiba-tiba data dalam komputer Anda tidak bisa diakses. Bisa jadi itu sedang terjangkit malware penyandera yang meminta uang tebusan.

Ya, baru-baru ini perusahaan antivirus Vaksincom menemukan adanya malware penyandera yang beredar di Indonesia. Saat menyerang program jahat itu akan mengenkripsi berbagai file hingga tak bisa dipakai pemiliknya.

Malware tersebut dinamai CTB, yakni singkatan dari Curve, Tor, Bitcoin. Curve karena metode enkripsi yang digunakan adalah teknik kriptografi kurva elips yang secara teknis lebih efisien dari kriptografi konvensional, Tor adalah metode komunikasi yang digunakan memanfaatkan TOR The Onion Router dan Bitcoin karena metode pembayaran ransom yang menggunakan mata uang Bitcoin.

Menurut laporan Vaksincom, malware ini datang dalam bentuk email yang mengandung lampiran berekstensi .scr, jika dijalankan file tersebut akan membuka aplikasi wordpad guna mengelabui korbannya. Di belakang layar CTB sedang bekerja dengan melakukan enkripsi data pada seluruh hard disk yang ditemukan, termasuk drive yang terhubung pada jaringan.

Setelah mengunci semua file, malware tersebut biasanya menampilkan sebuah banner yang menyatakan bahwa file tersebut telah ‘disandera’. Untuk mengembalikannya pengguna diminta untuk mengirimkan sejumlah uang kepada rekening yang sudah ditampilkan.

Menurut catatan Vaksincom korban malware penyandera di Indonesia sudah mencapai belasan. Tak banyak yang bisa dilakukan pengguna, selain melakukan backup berkala dan menggunakan anti virus paling terkini untuk mencegah datangnya program jahat tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.