Tips dan Saran Mendapatkan Mitra Bisnis Yang Cocok

Tips dan Saran Mendapatkan Mitra Bisnis Yang Cocok - Dalam menjalankan suatu usaha, diperlukan seorang partner yang memiliki kesamaan visi dan misi sehingga bisnis yang dijalani pun bisa berkembang dengan baik. Nah, Afit Dwi Purwanto dan Lucy Wiryono yang merupakan pemilik Holycow! Steakhouse by Chef Afit ini pun berbagi tips mencari partner bisnis .

1. Pembagian kerja yang jelas
Hindari double job dan buatlah job description dengan jelas guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari. Detail ini juga menyangkut bagaimana pembagian keuntungan, aset, dan lainnya.

2. Pentingkan proses
Memang penting untuk memiliki orientasi dan target di masa depan. Namun, jangan sampai Anda melupakan pentingnya proses. Baik atau buruknya proses akan memberi pelajaran dan pengalaman dalam membangun bisnis di kemudian hari.

3. Kepercayaan
Lucy Wiryono berkata, “Trust is the highest currency” . Artinya kurang lebih, kepercayaan adalah mata uang tertinggi. Penting untuk percaya pada partner dan karyawan untuk sama-sama membangun bisnis. Bila tidak ada rasa percaya satu sama lain, tentu bisnis tidak akan tumbuh dengan sehat.

4. Kinerja
Dalam mencari pasangan bisnis, bukan berarti kita bisa asal tunjuk partner. Misalnya, karena sudah mengenal teman sejak lama, lalu Anda mengajak ia ikut berbisnis. Sebetulnya, yang paling penting adalah kinerja yang baik sesuai dengan apa yang dibutuhkan bisnis yang dijalani. Percuma kalau sudah lama mengenal si calon partner bisnis, tetapi tidak memiliki kemampuan yang mumpuni di bidangnya.

5. Values
Esensi dari pengembangan bisnis adalah adanya nilai atau kultur baik yang dibawa ke dalam kehidupan sehari-hari. Menjalankan bisnis bukan hanya sekadar mencari keuntungan lho, tetapi juga bisa mendapatkan nilai-nilai baik guna mengembangkan kultur bisnis yang sudah ada. (as/chicmagz.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.