Sperma pun Bisa Sakit,... Ini Penyebabnya!

INFERTILITAS pada pria adalah ketidakmampuan seorang laki-laki untuk menghasilkan sperma yang berkualitas baik, atau sperma yang tidak mampu untuk membuahi sel telur.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa jumlah sperma pria, kualitas, mobilitas, dan kelangsungan hidup sperma dapat berdampak pada kesuburan pria.

Berikut hal-hal yang bisa membuat sperma sakit:

1. Masalah kesehatan lain
Peneliti studi Michael Eisenberg, MD, seperti dilansir laman Yahoo Health, Kamis (29/1), menyebutkan, dalam studi 9.387 pria dengan masalah kesuburan, para peneliti menemukan bahwa 44 persen dari mereka memiliki masalah kesehatan tambahan, selain dari masalah kesuburan. Artinya, kondisi badan yang sakit berpengaruh juga pada kesuburan sperma.

Para peneliti juga menemukan hubungan antara cacat dalam air mani dan peningkatan risiko memiliki penyakit kulit atau gangguan endokrin.

2. Aluminium

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Reproductive Toxicology, paparan aluminium dapat mengurangi jumlah sperma yang akhirnya akan mempengaruhi kesuburan pria.

Cara untuk menghindari hal ini antara lain menghindari minum dari kaleng soda, menggunakan cor besi. Juga hindari menggunakan deodoran yang mengandung aluminium.

3. Alkohol

Dalam sebuah studi di British Medical Journal, para peneliti meneliti 1.221 orang Denmark berusia antara 18 tahun dan 28 tahun. Para peneliti menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi bir (yang merupakan minuman favorit di grup ini) dan wine menunjukkan perubahan kadar hormon reproduksi. Dan semakin banyak mereka minum, semakin rendah kualitas sperma mereka.

4. Ponsel

Bukan rahasia bahwa ponsel memancarkan radiasi dan penelitian menunjukkan bahwa mereka yang terkena frekuensi radiasi elektromagnetik dari ponsel, kualitas spermanya tidak baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.