Seskab: Jokowi Tak Punya Akun Facebook dan Twitter

Seskab: Jokowi Tak Punya Akun Facebook dan Twitter - Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto mengatakan, Presiden Joko Widodo tidak memiliki akun di media sosial, baik Twitter maupun Facebook. Andi menegaskan, kegiatan maupun pernyataan resmi presiden disampaikan melalui situs web Sekretaris Kabinet ataupun Sekretariat Negara.

"Presiden tidak memiliki atau memegang akun apa pun, baik itu Twitter atau Facebook. Dari pihak istana menggunakan secara resmi menyalurkan berita kegiatan presiden itu di (website) Setneg/Setkab," ujar Andi di istana kepresidenan, Selasa (27/1/2015) malam.
Selain Jokowi, kata Andi, Ibu Negara Iriana juga tak memiliki akun Facebook. Kalaupun ada akun Twitter atau halaman Facebook yang telah diverifikasi atas nama Jokowi, Andi mengatakan bahwa keberadaan akun tersebut dinilai tidak mengganggu.

"Tidak ada larangan juga‎, sejauh ini tidak ada pernyataan dari pemilik akun itu bahwa merepresentasikan presiden," kata Andi saat ditanya soal kemungkinan langkah hukum yang diambil pihak istana.

Saat ini halaman Facebook yang diverifikasi atas nama Joko Widodo telah mendapat like dari 2.117.973 pengguna Facebook. Dari laman ini, netizen bisa mengakses berbagai kegiatan presiden yang disertai dengan foto-foto yang cukup eksklusif.

Di halaman itu pula, Jokowi kerap membuat status dengan menggunakan kutipan kiasan berbahasa Jawa atau kutipan dari novel sastra karya Pramoedya Anantatoer. Saat Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono menyebut bahwa ada upaya pembersihan orang-orang dekatnya di jajaran pemerintahan, akun ini pun membuat klarifikasi seolah-olah pernyataan datang resmi dari Presiden Jokowi.

Hingga kini, tak diketahui pasti siapa yang mengelola akun yang telah terverifikasi tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.