Sarapan Bikin Umur Kamu Lebih Panjang

APAKAH Anda termasuk orang yang sering meninggalkan sarapan pagi? Jika ya, maka hal tersebut patut Anda pertimbangkan kembali. Hal ini dikarenakan sarapan pagi memberikan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh anda.

Sekelompok peneliti Harvard baru-baru ini melihat catatan kesehatan hampir 27.000 orang yang berusia 45 tahun hingga 82 tahun saat penelitian dimulai. Apa yang mereka temukan adalah bahwa mereka yang melewatkan sarapan adalah 27 persen lebih mungkin untuk mengalami serangan jantung atau meninggal akibat penyakit jantung koroner.

Orang-orang yang melewatkan sarapan biasanya mereka yang masih single, perokok, bekerja penuh waktu, alkoholik yang tidak begitu aktif secara fisik daripada mereka yang suka sarapan pagi.

Jadi mengapa serangan jantung menyerang mereka yang menunda sarapan? Menunda sarapan bisa menyebabkan peningkatan diastolik dan tekanan darah sistolik, konsentrasi darah insulin, trigliserida, asam lemak bebas dan LDL-kolesterol dan penurunan konsentrasi darah HDL-kolesterol, yang semuanya membuat anda lebih beresiko terkena masalah jantung kronis .

"Tubuh kita perlu makan makanan secara teratur untuk mempertahankan tingkat lipid darah seperti kolesterol, hormon seperti insulin dan tekanan darah normal," kata para peneliti, seperti dikutip dari laman Care2, Kamis (22/1).

Nah, sebaiknya Anda jangan menunda sarapan lagi. Sarapan yang sehat dengan biji-bijian dan buah-buahan segar daripada sarapan sarat dengan makanan olahan dan gula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.