Pengin Mengakuisisi Sebuah Bisnis - Simak Saran Kami

Jika memulai bisnis dari nol dapat sangat memuaskan, membeli bisnis yang sudah berjalan bisa menjadi keuntungan tersendiri. Namun pembelian tersebut tidak sepenuhnya bebas dari resiko dan keberhasilan Anda akan sangat bergantung kepada seberapa bijaksana Anda memilih dan mengevaluasi usaha yang Anda beli. Beberapa nilai lebih jika Anda memutuskan membeli sebuah bisnis adalah : Anda bisa melihat rekam jejak usaha yang akan dibeli, kreadibilitas, dan basis pelanggan.

Lantas, apa saja yang harus dipertimbangkan jika Anda ingin membeli suatu usaha? Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Pertama, Anda perlu memutuskan apakah Anda akan membeli sebuah bisnis yang memerlukan Anda bekerja penuh atau Anda membeli sebagai investasi paruh waktu.

Kedua, Anda perlu mencari tahu dengan seksama industri yang sedang Anda pertimbangkan apakah bisnis ini benar-benar Anda ingin tekuni dan sesuai dengan passion Anda. Jangan sampai hanya tergiur dengan trend dan cepat mendapatkan keuntungan.

Ketiga, Cari tau dengan pemilik bisnis sejenis. Jika memungkinkan, berbicaralah dengan para pemilik bisnis yang ada tersebut. Luangkan waktu dengan mengunjungi berbagai lokasi yang kompetitif untuk menentukan apakah Anda sudah benar dan yakin untuk terjun dalam industri / bisnis yang Anda akan beli.

Keempat, Anda perlu memutuskan apakah Anda ingin memulai sebuah bisnis baru, membeli sebuah bisnis baru, atau membeli sebuah bisnis yang sudah ada.

Dan akhirnya, kita harus menilai diri sendiri. Nilailah pengalaman, ketrampilan dan latar belakang Anda, dan putuskan apakah bisnis ini akan cocok untuk Anda. Pertimbangkan juga kondisi keuangan Anda dan bisnis yang Anda akan beli. Apakah memiliki landasan keuangan yang sehat dan kuat?

Di manakah saya dapat mencari tahu mengenai peluang bisnis yang akan dijual?

Ada banyak sumber untuk belajar mengenai peluang bisnis. Yang paling populer adalah:

Perusahaan yang memasok atau menyiapkan lokasi baru
Pameran industri atau expo mengenai peluang bisnis
Seorang pemberi izin waralaba
Franchise Expo

Siapa yang bisa dimintai bantuan untuk mengevaluasi sebuah bisnis?

Ingatlah bahwa ini merupakan keputusan Anda dan hanya Anda yang dapat memutuskan apakah bisnis itu cocok bagi Anda. Jangan biarkan orang lain memutuskan apakah Anda harus atau tidak membeli sebuah bisnis. Namun, mintalah saran khusus dari mereka tentang berbagai komponen dari bisnis tersebut. Saran tersebut bisa Anda minta dari misalnya : Perbankan, Akuntan, Pengacara atau Pemilik Usaha lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.