Juara Foto Terbaik Dunia 2015

Juara Foto Terbaik Dunia 2015 - Foto pasangan homoseksual Jon dan Alex di St Petersburg, Rusia ini memenangkan World Press Photo of the Year 2014. Dari berita foto Reuters, foto tersebut diambil oleh Mads Nissen - yang merupakan fotografer Denmark. Ia bekerja untuk harian Denmark Politiken dan mewakili Panos Pictures.

Ketua Dewan Juri Michele McNally mengatakan, "Saat ini merupakan masa bersejarah untuk foto ini; foto pemenang harus memiliki estetika, memiliki dampak, dan memiliki potensi untuk menjadi gambar yang ikonik. Foto ini kuat secara estetis, dan memiliki nilai kemanusiaan.".


Selain itu ada juga foto topeng monyet yang memenangi kontes kategori Nature. Foto ini sempat dikecam di China. Foto ini benar-benar menyentuh hati sekaligus patut dikecam. Seekor monyet yang ketakutan karena diancam oleh majikannya. Monyet itu bersandar ke dinding dengan leher yang terborgol ke sepeda mainannya. Si majikan datang menghardik sambil membawa cambuk besar. Mungkin ia khawatir si monyet berhenti beraksi sementara penonton masih menunggunya penampilan berikutnya.

Foto yang diambil Reuters ini ada di Suzhou, China. Setelah diancam, monyet itu kemudian melanjutkan aksinya. Ia menari menghibur penonton. Di bagian lain, ia berjingkat-jingkat sambil bermain enggrang. Masih dengan rantai besi yang terikat ke lehernya.

Kadangkala ia juga harus lari ketakutan. Mencoba menghindar dari kejaran kambing jantang bertanduk yang mengincarnya. Ekspresinya benar-benar ketakutan. Meskipun itu hanyalah akal-akalan si majikan yang membiarkan kambing itu mengejarnya. Hanya agar penonton tertawa melihat aksi lucu si monyet menghindar. Lucu? Mungkin. Kejam? Ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.