Energi Matahari Dapat Diubah Jadi Bahan Bakar Cair

Energi Matahari Dapat Diubah Jadi Bahan Bakar Cair - Para peneliti di Universitas Harvard baru-baru ini menemukan cara untuk mengkonversi energi matahari menjadi bentuk cairan seperti halnya bensin. Penemuan ini tentu akan berkontribusi besar dalam kemajuan teknologi energi ramah lingkungan.

Sebelumnya, energi matahari dapat dikonversi menjadi hidrogen dengan menggunakan photovoltaic cells, dan kemudian dapat disimpan dalam bentuk sebuah baterai. Sayangnya, teknologi konversi hidrogen tersebut kurang dapat diterima pasar karena pengisian bahan bakarnya menggunakan fasilitas yang berbeda dengan yang ada saat ini, sehingga akan membutuhkan dana yang besar.

Sebagai solusinya, para ilmuwan Harvard menggunakan energi matahari untuk memisahkan atom hidrogen dan oksigen. Mereka kemudian menggunakan bakteri khusus untuk mengubah hidrogen ditambah dengan karbon dioksida menjadi sebuah bahan bakar isopropanol.

Penemuan yang juga merupakan bukti konsep mengubah energi matahari menjadi bahan bakar cair ini memang tengah kembali dikaji ulang. Meskipun masih dalam tahap penelitian, penemuan ini dapat menjadi harapan bagi keberlangsungan energi ramah lingkungan di masa depan. (TIME)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.