Cara Kerja Akun Twitter @TMCPoldaMetro Dan Orang Orang Di baliknya

Akun Twitter Traffic Management Centre (TMC) Polda Metro Jaya (PMJ) pengikutnya 3,3 juta orang. Selalu update dan jadi panduan warga Jakarta soal lalu lintas Jakarta setiap hari. Tapi siapakah yang ada di balik akun twitter itu?

Di TMC PMJ ada tiga regu yang setiap hari berjaga. Setiap regu terdiri dari satu pemegang komando dan 17 anggota. Masing-masing regu bertugas selama 12 jam.

Hari ini giliran regu yang dipimpin Ajun Komisaris Polisi Budi Harsono yang bertugas. Mereka akan selesai bertugas pukul 19.00 malam ini.

Ada empat bagian di TMC Polda Metro Jaya. Bagian media sosial yang menangani update twitter dan facebook. Kemudian bagian yang menangani pantauan Kamera CCTV. Lalu ada bagian yang mengawasi mobil patroli petugas. Dan ada bagian Call Centre dan Short Message Centre (SMS).

Di bagian twitter ada dua petugas setiap giliran (shift). Satu shift bertugas selama 12 jam.

Brigadir Heri, sudah tujuh jam berkutat di depan komputer, Jumat (13/2/2015) siang. Di secarik kertas depan matanya ada data soal jalan rusak di Jakarta. Laporan dari petugas lapangan. Sebentar lagi Ia akan memposting data itu di akun twitter TMC PMJ.

Heri juga masih mengecek satu per satu akun twitter yang men-tweet soal lalu lintas Jakarta. Dia membuka akun twitter milik Siti Wardah yang memposting bahwa ada sebuah mobil avanza menabrak separator Busway di Warung Buncit, depan dealer Suzuki.

Heri mencolek Kasyanto, polisi yang lebih senior darinya. Kasyanto duduk di meja depan Heri. "Ada avanza tabrak separator di Warung Buncit, pak. Di depan dealer Suzuki," ucap Heri.

Kasyanto lekas bicara di handle talkienya (HT). Menghubungi polsek terdekat. Menanyakan kebenaran soal informasi itu. Beberapa saat kemudian kecelakaan itu terkonfirmasi. Benar. Heri buru-buru mengupdate akun twitter TMC Polda Metro Jaya.

"Beginilah cara kerja kami. Setiap ada informasi di twitter, harus ada anggota dulu ke lapangan, baru saya update di twitter," ucap Heri yang sudah sejak tahun 2006 bertugas di TMC Polda Metro Jaya. Sebelumnya dia bertugas di Bagian Perencanaan dan Administrasi Dirlantas Polda Metro Jaya.

Soal update informasi memang selalu begitu alurnya di TMC PMJ. Ada petugas penyaring informasi dari media sosial, dan ada petugas yang bertugas mengkonfirmasi. Hari ini Heri bertugas menyaring semua informasi di twitter. Sementara Kasyanto bertugas memegang HT dan mengkonfirmasi setiap kicauan warga Jakarta soal lalu lintas Jakarta.

Apabila dinilai informasinya akurat dan benar, baru kemudian akan diupdate di Twitter TMC PMJ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.