Begini Cara Memanfaatkan Media Sosial untuk Berbisnis

Begini Cara Memanfaatkan Media Sosial untuk Berbisnis - Di era digital, media sosial memungkinkan seseorang mengenal latar belakang, kebiasaan, dan selera orang lain secara lebih terbuka.

Kelebihan tersebut bukan hanya berguna untuk menjalin hubungan pribadi, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis. Karena, pada dasarnya, hubungan antar manusia adalah hal yang sangat penting dalam pengembangan bisnis.

Berikut beberapa tips pemanfaatan media sosial untuk pengembangan bisnis yang dikutip dari Mashable, Minggu (18/1/2014):

Pertama, jadikan media sosial sebagai teropong.

Media sosial memberi kesempatan untuk melihat siapa saja pihak yang dapat dijadikan rekan bisnis, kompetitor, dan target pasar. Ini dapat dijadikan rujukan bagi pebisnis untuk memutuskan apakah harus bekerjasama dengan pihak tertentu atau tidak, begitu pun sebaliknya.

Karenanya, pebisnis dan perusahaannya harus selalu memposisikan diri sebagai pelaku industri yang profesional dan berprospek agar dianggap berdaya saing tinggi.

Kedua, sesuaikan konten pesan dengan jenis media sosial.

Setiap media sosial memiliki karakteristik masing-masing. Pengguna seyogyanya fleksibel dalam penggunaan berbagai macam media sosial.

Misalnya, Twitter lebih pas untuk menyuarakan kampanye pemasaran, melakukan live report, atau membangun customer service.

Sedangkan Facebook lebih cocok untuk memperlihatkan budaya perusahaan dan sumber dayanya, serta memperkenalkan program pemasaran yang lebih besar.

Ketiga, gunakan media sosial sebagai pelengkap.

Media sosial bukan satu-satunya faktor untuk mengembangkan bisnis, namun efektif sebagai pelengkap, misalnya dengan menggunakan LinkedIn. Saat ini, LinkedIn telah menghubungkan ribuan perusahaan dan jutaan ribu pengguna untuk saling berafiliasi.

Untuk pengembangan bisnis, LinkedIn sangat efektif dalam mengumpulkan informasi terkait sumber daya manusia, maupun melakukan follow up dengan rekan bisnis.

Intinya, secara online maupun offline, faktor fundamental untuk pengembangan bisnis adalah jaringan sosial yang kuat. Media sosial memungkinkan jaringan sosial terjalin lebih cepat dan mudah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.