Batu Akik Merah Delima Yang Asli

Batu Akik Merah Delima Yang Asli - Pernah mendengar nama batu delima atau merah delima? Meski warnanya ada yang ungu dan kecokelatan, umumnya batu akik ini berwarna merah. Sehingga nama merah delima pun melekat padanya.

Sama seperti batu akik lainnya, batu merah delima merupakan sejenis mineral silikat. Nama lainnya adalah rubi dan termasuk salah satu jenis dari bebatuan mulia.

Warna yang terdapat dalam batu umumnya bervariasi, mulai dari merah muda hingga merah darah yang disebabkan oleh adanya kandungan kromium. Nama merah delima sendiri diambil dari nama buah delima yang biji-bijinya berwarna merah bening berkilau.

Jenis batu ini termasuk salah satu dari empat batu berharga yang sejajar dengan batu safir, zamrud dan intan. Tingkat kekerasannya mencapai 9.0 skala Mohs, berada setingkat di bawah intan yang memiliki tingkat kekerasan 10.0 Mohs.

Batu ini juga memiliki struktur kristal dan bisa memberikan efek prisma jika terpapar cahaya matahari. Inilah yang membuat rubi atau batu akik lainnya tampak berkilau jika terpapar cahaya dan membuatnya tampak mewah.

Warna merah yang terdapat dalam batu ini menjadi penentu dari harga jualnya. Semakin berkilau warnanya maka semakin mahal pula harganya. Selain itu, kejernihan batu juga menjadi penanda tingginya harga rubi di pasaran.

Batu Ruby banyak ditemukan di Burma, India dan afrika. Sedangkan diIndonesia tidak ada ditemukan batu merah delima atau ruby. Batu rubi asli sangat jarang, yang banyak beredar adalah rubi sintetis yang dibuat pabrik.
[ atjehpost.co ]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.