5 Tips Sukses Presentasi Bisnis

5 Tips Sukses Presentasi Bisnis - Presentasi sangat penting untuk mengaet mitra bisnis atau konsumen potensian Anda. Untuk menyampaikan presentasi memang diperlukan beberapa keahlian, mulai dari bagaimana berbicara di depan umum hingga membuat pesan yang disampaikan bisa diterima dengan baik.

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa diikuti untuk membuat presentasi bisnis Anda lancar:

1. Persiapan yang baik
Aturan utama dari sebuah presentasi yang baik adalah persiapan yang baik. Anda harus tahu secara menyeluruh tentang materi presentasi yang akan disampaikan, jangan sampai ada satu celah yang tidak Anda ketahui. Semakin Anda mempelajari presentasi tersebut, maka Anda akan semakin terlihat profesional saat menyampaikannya.

2. Pastikan semua perlengkapan siap
Saat melakukan presentasi, ada baiknya Anda membuat salinan dari presentasi yang kemudian dibagikan kepada peserta presentasi. Pastikan juga perlengkapan seperti laptop dan in-focus sudah siap agar presentasi tidak terganggu dengan hal-hal seperti ketidaksiapan perlengkapan.

3. Perhatikan penampilan
Anda akan berdiri di depan banyak orang saat presentasi, karena itu penampilan Anda pun menjadi penting. Buat penampilan Anda terliha seprofesional mungkin dengan busana formal. Selain itu saat bicara, pastikan Anda melakukan kontak mata dengan peserta dan bicaralah dengan teratur atau dalam tempo lambat. Biasanya dalam keadaan gugup Anda akan cenderung bicara terlalu cepat yang akhirnya presentasi akan sulit dimengerti.

4. Berikan ilustrasi yang sesuai
Jangan membuat peserta bosan dengan banyak tulisan dalam slide presentasi Anda. Coba masukkan gambar-gambar pendukung yang lebih menarik, misalnya saat memberikan presentasi soal data berilah gambar diagram pie atau batang. Tapi jangan juga memberikan gambar atau informasi yang tidak berhubungan dengan presentasi Anda dan keluar dari konteks karena akan membingungkan peserta.

5. Adakan sesi tanya jawab
Di akhir wawancara, selalu berikan waktu untuk pertanyaan. Kemampuan Anda menjawab pertanyaan juga akan memperlihatkan pengetahuan Anda soal topik yang dipresentasikan sekaligus kemampuan mendengar dengan baik. Sebisa mungkin hindari konflik atau berargumen dengan peserta, cobalah untuk selalu bersikap tenang dan berkompromi saat ada masalah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.