5 Strategi Pemasaran Bisnis Melalui Sosial Media

5 Strategi Pemasaran Bisnis Melalui Sosial Media - Sebagai salah satu Negara berkembang, di Indonesia tak sedikit masyarakat yang menggunakan jejaring sosial. Banyak situs jejaring sosial yang sudah kita kenal dan banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, misalnya saja youtube, facebook, twitter hingga aplikasi messenger seperti whatsapp dan BBM (Blackberry Messenger). Oleh sebab itu maka tidak perlu heran lagi jika pada akhirnya situs sosial media menjadi salah satu lahan bisnis yang sangat menjanjikan bagi setiap pemilik bisnis.

Sosial media merupakan sebuah tool marketing yang bisa dikatakan cukup efektif untuk membantu strategi pemasaran bagi bisnis Anda. Jika sekarang ini Anda berencana untuk melakukan suatu kegiatan pemasaran produk melalui internet, maka Anda perlu mengetahui beberapa strategi pemasaran melalui internet agar bisa berjalan dengan baik.

Berikut ini 5 strategi pemasaran bisnis melalui sosial media yang dapat dijadikan sebagai strategi tambahan untuk pemasaran bisnis Anda.

1. Bangun sebuah fans club

Ketika Anda telah memiliki banyak pembeli, Anda juga perlu mengetahui seberapa besar respon konsumen terhadap produk yang Anda jual. Untuk mengetahui bagus atau tidaknya produk Anda, maka perlulah Anda melakukan survey. Namun, terkadang beberapa konsumen tidak tertarik bahkan tidak mau mengisi sebuah survey. Untuk mengatasi masalah tersebut sehingga Anda tetap bisa mengetahui seberapa besar testimonial serta feedback dari konsumen terkait dengan produk yang Anda jual. Maka, disini Anda bisa membuat sebuah tempat khusus untuk mengumpulkan seluruh konsumen Anda supaya nantinya mereka dapat mengeluarkan keinginan serta keluhan terkait produk yang Anda jual pada satu tempat yang sama.

2. Bereaksi secara efektif

Jika Anda ingin fokus kepada pemasaran produk melalui internet, maka yang penting untuk Anda lakukan adalah bereaksi secara efektif. Maksudnya, usahakan agar Anda merespon berbagai pertanyaan dari konsumen mengenai produk Anda dengan secepat mungkin. Selain itu, jika Anda mempunyai akun sosial media entah twitter maupun facebook, maka secara aktif Anda juga harus melakukan update status secara berkala. Buatlah para follower atau fans percaya akun sosial media untuk bisnis Anda benar-benar nyata dan aktif.

3. Dengarkan apa yang disampaikan oleh konsumen

Situs jejaring sosial bisa membantu Anda dalam mengidentifikasi apa yang diinginkan oleh konsumen, tentunya dengan berbagai pengamatan. Misanya Anda bergerak pada bisnis makanan, suatu saat Anda melihat salah satu customer yang membutuhkan makanan tersebut namun konsumen tidak dapat menjangkaunya secara langsung. Dari pengamatan tersebut, mungkin Anda bisa menambahkan layanan tambahan seperti delivery order.
Sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang bisa diambil dengan sharing secara langsung dengan konsumen dimana secara tidak langsung Anda akan membangun sebuah hubungan yang baik dengan konsumen jika komunikasi yang Anda jalin dapat berjalan dengan baik. Kedepannya mereka juga dapat menjadi konsumen yang loyal dengan produk yang Anda jual.

4. Mengkomunikasikan pesan promosi

Sesekali Anda bisa menuliskan sesuatu di jejaring sosial yang berkaitan dengan promosi produk. Seperti rencana awal bahwa menggunakan situs jejaring sosial ini tujuannya untuk melakukan sebuah pemasaran produk. Jadi, untuk hal ini Anda tidak perlu menunggu instruksi dari siapapun juga, secara otomatis seharusnya Anda melakukan promosi produk dengan sendirinya.Namun, perlu Anda ingat bahwa saat Anda melakukan promosi produk, pilihlah waktu yang tepat. Jangan setiap saat Anda update status yang berisi tentang promosi produk karena lama kelamaan followers akan merasa jenuh dan nantinya akana meninggalkan Anda.

5. Menjalin relasi

Tidak bisa kita pungkiri lagi bahwa pada saat Anda aktif memnfaatkan situs jejaring sosial, nantinya Anda pasti akan berkomunikasi dengan banyak orang. Dan orang-orang tersebut pastinya tersebar dari berbagai kota bahkan berasal dari luar negeri. Nah, untuk mengoptimalkan bisnis Anda agar bisa terus berkembang melalui sosial media. Maka, Anda bisa menambah relasi sebanyak-banyaknya. Dengan begitu siapa tahu nantinya Anda dapat bertemu dengan calon investor yang tertarik dengan bisnis yang Anda jalankan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.